Sekolah Di Australia Tidak Semuanya Bagus!

Jangan takjub dulu ketika Anda mendengar seseorang pernah sekolah di Australia. Atau minder karena lawan bicara Anda mengatakan ia lulusan dari sekolah atau universitas di negeri Aussie itu.

Memang kalau bicara tentang fasilitas, sekolah disana termasuk dua hingga tiga kali lipat lebih baik dibanding Indonesia. Apalagi dengan prasarana kuliah, sekolah di Indonesia kalah jauh. Tapi, itu tak menjamin mutu pendidikannya lebih bagus melampau negeri kita.

Jika ingin tahu sekolah atau universitas yang punya kualitas oke, lihat saja bagaimana proses seleksinya. Ketika sekolah atau universitas tersebut mensyaratkan nilai bahasa Inggris (IELTS/TOEFL) serta Indeks Prestasi (IP) yang tinggi, maka bisa dijamin universitas itu bermutu tinggi.

Sebutlah The Australian National University, University of Sydney, University of Melbourne, Monash University, University of Queensland, University of New South Wales, University of Western Australia, dan University of Adelaide.

Sekolah-sekolah tersebut merupakan sekolah terkemuka yang tergabung dalam Group Eight (G8). Group lobby hasil networknya para rektor (vice-chancellor) dan tak diragukan lagi kualitas pendidikan serta lulusannya.

Berikut, empat dari delapan profil singkat universitas-universitas terkemuka tersebut.

Australian National University (ANU)

Adalah salah satu universitas terbaik di Australia. Mulai berdiri tahun 1946, dan terletak tepat di Ibu Kota Australia, Canberra. ANU memiliki peringkat ke-17 dari 200 universitas terbaik dunia versi Times Higher Education Supplement (THES) tahun 2009. Menjadikannya sebagai universitas berperingkat nomor satu di Australia.

Dengan motto “Naturam Primum Cognoscere Rerum” (First, to know the nature of things), ANU terkenal memiliki beberapa jurusan unggulan tingkat dunia. Salah satunya adalah jurusan kesenian dan ilmu kemanusiaan (humanities).

Info lebih detil tentang ANU, dapat Anda lihat di situs reminya, http://www.anu.edu.

University of Sydney (USyd)

Merupakan universitas tertua di Australia, berdiri pada tahun 1850. USyd termasuk universitas terbesar kedua setelah Monash University, dengan jumlah mahasiswa mencapai 47.775.

Kampus utama Usyd terletak di lapangan Oxbridge yang menyebar di seluruh kota pinggiran Camperdown dan Darlington, sebelah barat daya Kota Sydney. Universitas ini juga memiliki beberapa kampus kecil tak jauh dari Kota Sydney, hasil dari donasi beberapa lembaga donor dunia.

Untuk profil lengkapnya, dapat dilihat pada situs resmi University of Sydney, yaitu http://www.usyd.edu.

University of Melbourne

Didirikan tahun 1853, menjadikan University of Melbourne memperoleh predikat tertua kedua setelah University of Sydney. Dan tertua di negara bagian Victoria. Kampus utamanya terletak di Parkville, sebelah utara dari pusat kota Melbourne, Victoria.

Sebagai salah satu sekolah favorit, University of Melbourne memegang peringkat atas dalam peringkat universitas di Australia dan dunia. Bersaing ketat dengan University of Sydney. Terutama dalam bidang ilmu-ilmu sosial, ilmu budaya dan biomedis, lulusan dari universitas ini dijamin mutunya.

Lihat profil University of Melbourne di http://www.unimelb.edu.

Monash University

Walaupun terhitung paling muda dari universitas-universitas terkemuka lainnnya di Australia, universitas yang berdiri pada tahun 1958 ini, punya pamor mencorang di tingkat dunia. Khususnya untuk jurusan bisnis. Adapun Monash University namanya diambil dari nama seorang jenderal penting dan pahlawan Australia, Sir John Monash.

Dengan kampus utamanya terletak di Clayton, Victoria, Australia, universitas ini termasuk unik. Monash University punya beberapa kampus yang tak hanya di Australia, tapi juga di luar Australia. Yaitu Malaysia, Johannesburg (Afrika Selatan), dan cabang kecil di Prato (Italia) serta London.

Untuk situs resminya ada di http://www.monash.edu.

Komentar

Postingan Populer